Senin, 05 September 2016

*Apel, Kurma, dan Mangga*


Apel aku ini mangga
Tak usah kau suruh-suruh aku sepertimu
Apel aku ini kurma
Tak perlu kamu perintah-perintah saya sepertimu
Kita berbuah sama-sama saja
Aku mangga, kau apel, kau kurma

Kurma aku ini mangga
Jangan ikut-ikut kau suruh aku menjadi dirimu
Aku hanya mau jadi tetangamu,
Jadi saudaramu yang mangga
Kau jadi tetangga dan saudaraku yang kurma

Apel kau itu apel
Tak usah repot-repot jadi sepertiku
Urusi saja ke-apelan-mu
Biar aku sendiri yang mengurusi ke-manggaan-ku
Begituhalnya kurma

Apa masih tak cukup
Tidak puas hanya menjadi apel dan kurma
Belum cukup kenyang
Belum cukup terhormat
Kalian mau jadi apel
Kalian mau jadi kurma

Bagaimana dengan kalian, mangga
Sama, samakah ?
Kalau ya
Kemana kaki akan melangkah
Selain bermuara di kebenaran sejati


Banyuwangi, 16 Agustus 2016
By. Pariyanto